Kemkominfo Mendorong masyarakat cerdas memanfaatkan spektrum frekuensi

Browsing articles in " News Updates "

Kemkominfo Mendorong masyarakat cerdas memanfaatkan spektrum frekuensi

Aug 26, 2018   //   by admin   //   News Updates  //  No Comments

Kementerian Komunikasi dan Informatika mendorong masyarakat cerdas memanfaatkan spektrum frekuensi dan alat telekomunikasi agar tidak memunculkan dampak negatif terhadap keamanan, kesehatan, serta mengganggu pengguna lainnya.

“Kita tahu masih banyak masyarakat yang belum memanfaatkan frekuensi secara baik dan benar meski lekat dengan kehidupan mereka sehari-hari,” kata Sekretaris Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI, Kemkominfo, Sadjan, di Yogyakarta, Jumat.

Dalam acara `media briefing` yang mengusung tema “Cerdas Memanfaatkan Frekuensi”, Sadjan mengemukakan bahwa contoh sederhana pelanggaran peraturan pemanfaatan frekuensi secara baik dan benar yakni pada saat di pesawat.

Tidak sedikit masyarakat sebagai penumpang yang tetap mengaktifkan alat telekomunikasi baik berupa telepon genggam maupun telepon seluler lainnya saat sedang berada di pesawat.

“Padahal perilaku itu bisa mengganggu sistem komunikasi penerbangan yang sama-sama menggunakan frekuensi. Ini berkaitan dengan keselamatan penerbangan,” kata dia.

Contoh sederhana lain yang dekat dengan aktivitas sehari-hari adalah pada saat melakukan pengisian BBM di SPBU. Dalam kondisi tersebut banyak masyarakat yang masih tetap menghidupkan telepon genggam.

“Kalau kita cerdas sebaiknya kita matikan, untuk mencegah gelombang frekuensi bergesekan dengan pompa bensin yang bisa menimbulkan kebakaran,” kata dia.

Oleh sebab itu, mengacu contoh sederhana tersebut, Sadjan berharap media massa dapat berperan membantu pemerintah meningkatkan kesadaran masyarakat dalam memanfaatkan frekuensi secara baik dan benar.

Hal lain yang tidak kalah penting perlu diketahui masyarakat, kata dia, adalah keberadaan spektrum frekuensi radio sebagai sumber daya alam terbatas. Dalam konteks itu, setiap pendirian stasiun radio yang memancarkan frekuensi radio wajib memiliki izin sesuai dengan Undang-undang RI Nomor 36 Tahun 1999 tentang Telekomunikasi.

“Biasanya radio-radio amatir yang kami temukan menggunakan frekuensi orang lain. Pelanggaran ini bisa dikenakan pasal-pasal yang berujung pada penyitaan hingga penahanan,” kata Sadjan.

Kepala Subdirektorat Monitoring dan Penertiban Perangkat Pos dan Informatika, Direktorat Pengendalian SDPPI, Irawati Tjipto Priyanti, menambahkan bahwa pemanfaatan frekuensi dan alat telekomunikasi yang baik juga perlu disertai dengan perangkat telekomunikasi yang legal atau bersertifikat sesuai standar.

Perangkat telekomunikasi yang tidak bersertifikat sesuai standar, kata dia, berpotensi membahayakan kesehatan masyarakat dalam jangka panjang karena perangkat ini selalu dekat dengan tubuh penggunanya.

“Sehingga sertifikasi alat telekomunikasi itu penting untuk menjamin keamanan bagi kesehatan penggunanya,” kata Irawati.

WiFi gratis di Kota Tua saat akhir pekan

Aug 26, 2018   //   by admin   //   News Updates  //  No Comments

WiFi gratis di Kota Tua saat akhir pekan

Beberapa waktu lalu XL Axiata bersama Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta menggelar uji coba teknologi 5G dan Wireless Gigabit (WiGig) yang berlokasi di seputaran Kota Tua, Jakarta Barat.

Uji coba teknologi 5G diterapkan pada sejumlah aktivitas pengelolaan lingkungan perkotaan, seperti pada pengelolaan sampah, pengelolaan taman, pemeliharaan kebersihan sungai.

Sementara itu, ujicoba WiGig, masyarakat bisa ikut mencoba dan menikmati kecanggihannya secara cuma-cuma hingga 6 bulan ke depan sejak diluncurkan pada 20 Agustus 2018.

Untuk bisa menikmati WiGig ini pengguna bisa menggunakan smartphone dengan spesifikasi teknologi WiFi umumnya (802.11a/b/g/n) maupun smartphone dengan teknologi WiFi terbaru (802.11ac).

Menurut keterangan tertulis XL Axiata, layanan ini hanya bisa diakses di area Kota Tua, Jakartra Barat, persisinya di sekitar Museum Fatahillah, Museum Wayang, Museum Seni Rupa, Kafe Batavia dan Kantor Pos Kota Tua.

Saat Antara berkunjung ke kawasan Kota Tua, Minggu siang, WiFi dengan nama “XL Axiata DKI-Smart City” telah terdeteksi sejak berada di depan kafe Historia.

Ponsel pintar milik Antara mulai terhubung saat berada di depan Museum Wayang. Saat terhubung, perangkat diarahkan ke laman “Log-in” provider yang identik dengan warna biru itu.

Tulisan “Welcome to XL Axiata’s Super Fast Internet Area,” menyambut pengguna. Di laman itu juga terdapat syarat dan ketentuan yang harus disetujui pengguna untuk dapat menggunakan layanan WiGig.

“Akses Wifi terbatas hanya untuk 10 menit penggunaan. Jika Anda tidak bisa log-in, silakan mencobanya nanti. Kecepatan internet bervariasi tergantung pada jumlah pengguna yang mengakses jaringan Wifi,” begitu bunyi syarat dan ketentuan tersebut.

Antara sempat kesulitan untuk mengakses layanan WiGig. Meski telah melakukan Log in, sambungan sering kali terputus. Bahkan, saat telah tersambung, Wifi sering kali terputus, sehingga terpaksa harus beralih ke koneksi data seluler.

Saat mencoba log-in ulang, koneksi sangat lemah, bahkan untuk mengirim pesan lewat platform pesan instan.

Antara memutuskan untuk bergeser ke lokasi lain, dari depan Museum Wayang berjalan menuju Kantor Pos Kota Tua. Dalam perjalanan, sinyal WiFi “XL Axiata DKI-Smart City” terasa lebih stabil.

Saat berada di depan kantor Pos Kota Tua pengiriman pesan instan dapat dilakukan secara lancar. Sayangnya, saat Antara News mencoba membuka Youtube proses loading memakan jeda waktu.

Dalam tes kekuatan jaringan yang dilakukan Antara menggunakan aplikasi nPerf, jaringan WiFi  “XL Axiata DKI-Smart City” mengantongi 14.403 nPoints, dengan rata-rata performa untuk browsing 14,28 persen dan rata-rata performa untuk streaming 57,80 persen. Kecepatan download 1,82 mb/s, kecepatan upload 2,80 mb/s, dan latensi 23ms.

Sebagai perbandingan, Antara juga melakukan pengujian untuk Telkomsel di tempat yang sama dan waktu yang hampir bersamaan.

Provider yang identik dengan warna merah itu mendapat skor 37.229 nPoints, dengan rata-rata performa untuk browsing 41,20 persen dan rata-rata performa untuk streaming 88,78 persen. Kecepatan download 8,46 mb/s, kecepatan upload 28,8 mb/s, dan latensi 112ms.

Tidak hanya itu, Antara juga melakukan tes jaringan Indosat Ooredoo. Operator warna kuning itu mendapat nilai 43.328 nPoints, dengan rata-rata performa untuk browsing 44,07 persen dan rata-rata performa untuk streaming 86,80 persen. Kecepatan download 14,0 mb/s, kecepatan upload 15,4 mb/s, dan latensi 99ms.

Layanan WiGig nampaknya mendapat pont terendah dari nPerf dibanding dua operator lainnya. Padahal, menngutip rilis XL, “teknologi WiGig memiliki keunggulan spesifik antara lain berupa koneksi ke rumah dengan kecepatan tinggi 1 Gbps.”

Menurut XL, teknologi WiGig akan mampu menopang pengiriman data dalam format video yang berkapasitas besar secara cepat dan dalam kualitas gambar yang baik. Bahkan, dengan teknologi ini, XL mengatakan monitoring lingkungan bisa pula menggunakan kamera yang 360 derajat untuk pemantauan.

Sayangnya, teknologi yang canggih ini nampak belum banyak diketahui masyarakat. Pengunjung yang ditemui Antara News, mengaku tidak mengetahui adanya WiGig, seperti Desi dari Cikarang, Windi dari Brebes dan Dini dari Sumedang.

Tidak hanya pengunjung, salah seorang karyawan yang bekerja di salah satu kafe di kawasan Kota Tua juga mengaku belum mengetahui informasi mengenai layanan internet berkecepatan tinggi dari XL itu.

Lambatnya konektivitas WiGig ini mungkin saja terjadi karena pengunjung Kota Tua yang sangat ramai pada akhir pekan — seperti yang dijelaskan pada syarat dan ketentuan sebelum menggunakan layanan ini.

Internet 4G di Jakarta Paling ‘Lelet’ se-Asia Tenggara

Aug 26, 2018   //   by admin   //   News Updates  //  No Comments

koneksi 4G

Riset terbaru yang dilakukan OpenSignal terhadap 12 kota besar di Asia mencatat Jakarta sebagai kota dengan kecepatan internet paling ‘lelet’ untuk koneksi 4G dibandingkan kota-kota lain di Asia Tenggara.

Riset yang dilakukan selama 90 hari pada Maret hingga Mei 2018 mencatat teknologi 4G di Jakarta hanya memiliki kecepatan unduh mencapai 8,8Mbps dan unggah 4,9 Mbps. Jakarta menempati peringkat 11 dari 12 kota yang turut terlibat dalam riset terbaru ini.

Satu peringkat di atas Jakarta, ibukota Kamboja, Phonom Penh mencatat kecepatan unduh 11,2Mbps dan unggah 4,9Mbps.

Sementara Kuala Lumpur dan Manila masing-masing berada di peringkat delapan dan sembil dengan kecepatan unduh 14,1 Mbps dan 11,6Mbps, serta 6,3Mbps dan 5Mbps.

Yango, ibukota Myanmar dan Ho Chi Minh, Vietnam tak disangka-sangka mencatatkan kecepatan akses internet 4G yang cukup tinggi meski layanan tersebut baru tersedia dua tahun belakangan. Kedua kota itu menempati peringkat keempat dan keenam dengan kecepatan unduh masing-masing 27,2Mbps dan 25,2Mbps, sementara kecepatan unggah mencapai 11,4Mbps dan 9,4Mbps.

Singapura masih menjadi kota dengan koneksi internet tercepat di Asia Tenggara. Akses internet cepat di Negeri Singa hanya kalah tipis dari Seoul, Korea Sealtan yang menduduki peringkat pertama dalam riset ini. Singapura mencatat kecepatan unduh 47,6Mbps dan unggah 15,4Mbps.

Namun, menyoal ketersediaan layanan koneksi 4G, kedudukan ini berubah signifikan. OpenSignal melakukan sebuah riset terpisah terkait ketersediaan dan cakupan 4G, dan Jakarta menduduki peringkat kedua di Asia Tenggara dengan ketersediaan 83,8 persen.

Lagi-lagi Singapura berada di peringkat jawara di Asia Tenggara dengan ketersediaan 4G mencapai 86,8 persen.

Setelah Jakarta, kota-kota lainnya di Asia Tenggara dengan urutan ketersediaan 4G tertinggi sampai terendah antara lain Yangon, Kuala Lumpur, Phnom Penh, Ho Chi Minh, dan Manila. 

How to Build Marketing Funnels Like A Pro

Aug 24, 2018   //   by admin   //   News Updates  //  No Comments

There are a lot of people whom I have worked with that did know where to start in getting new customers. Especially on the web where there is a crowd of competitors. They all start with some traffic generation tactic. They would use Facebook, Twitter, LinkedIn, or Pinterest. Their goal is to drive web traffic to their website and hope to make a sale. This rarely happened or never happened at all.

So, what is the problem? The problem is that they did not design a marketing funnel.

A marketing funnel uses strategy, processes, web traffic, email automation, and content. They all work together in symbiotic harmony to deliver you a customer. The process does not happen overnight. This takes hard work and a lot of A/B testing. If you are selling a service or an information product then you must build a marketing funnel.

A marketing funnel would contain a series of steps. For example, the first step would be to drive people to a blog post and build awareness for your brand. You then want to re-target your blog visitors to give you their email address to get a free eBook. When you get their email address then this is the first transaction that you have with your prospect. We will cover more in this blog post.

Why Should You Use Marketing Funnel?

The main benefit of using a marketing funnel is that it is quite easy to follow. You can map out each level of the funnel and plan for the activities of that stage. Besides that, you can build funnels for any customer interaction. No matter what kind of business you engage in, the funnel always applies. The funnel is a structured and repeatable system used to generate leads. The funnel is independent of traffic sources and is their own entity.

The chances of increasing your ROI goes up. You can measure each step in the process. For instance, you may find that you get many visitors at stage one. But only a small percentage of those gets to stage two. By knowing this, you can make tweaks and see the kind of effect it has on sales.

Understanding Marketing Funnels

A marketing funnel is a visual representation of the steps to turn a website visitor into a customer. Each of your competitors has a marketing funnel even if they do not know they have one. This is where you have the opportunity to grab market share. Because you are reading this blog post. You are now going to learn the value of mapping your customer journey through the funnel. At a high-level marketing funnels have the top, middle, and bottom.

The top of the funnel are people who are new to your brand. They have no idea who you and may never come back to your site. This is where the power of ad retargeting is so vital to so many businesses.

The middle of the funnel are people who have opted in to receiving communications from you. You may have offered them a lead magnet in exchange for their email address.

The bottom of the funnel is where you convert your leads into customers. Each step in the funnel has a correlated tactic to nudge people down your funnel. We outline the marketing funnel in five steps below.

1. Awareness

The first stage of the marketing funnel is awareness. This is an important step in the process. This is where you make your first impression to website visitors.

They have no idea who you are or what you represent. You have only a couple of seconds to capture their attention until they move on. So, what do you want to do? This is where content marketing comes into play. I like to run paid traffic to a blog post. You send targeted web traffic based on interest or intent to your best piece of content. The content should add value for your website visitors and display your expertise.

You then want to have a call-to-action on the blog post to get their email address. This way you can market to them over time and nudge them along down the funnel. You also want to use a re-marketing pixel. This way when your prospect leaves you build out your invisible email list in Facebook. This is also known as the custom audience for website visitors.

When you have enough people you have in your custom audience then you can run other targeted ads. You want to drive a lot of people into the awareness stage of the funnel. The more people who have entered your funnel then the better opportunity to get more leads.

2. Interest and Evaluation

You ever go window shopping and see something that catches your eye. You go into the store, try the outfit on but does not look right. You then get out of the fitting area and see other shirts on the rack that interest you. You then try those shirts on to see if you like them. This is what the interest and evaluation stage of the marketing funnel is. At this level, you start targeting specific prospects, who meet certain criteria.

You get your prospect to opt-in to one of your landing pages. You then send them email communications to get them into one of your webinars. You build their excitement in your brand with your social media posts, blogs, and videos. You want to make sure your content is top-notch on the web. The competition for customers is fierce on the web. I have been working on the web for over 5 years with my digital marketing agency. You must have good content.

You must take the time to work on a single piece of content rather than push a bunch of blog post out. Your content is a representation of your brand and skills. This will help you build the interest level of you prospect and move them down the next stage of the funnel.

3. The Commitment

This is the final step in the funnel before you achieve the goal of your funnel. It will usually entail rewarding potential customers to complete the goal. For instance, you can offer a small percentage discount if they make the purchase on that day. Besides that, you could begin telling customers of the benefits they should expect after making the sale.

For instance, if you sell nutritional supplements, you could create a video talking about how people felt great after taking the supplements. At this stage of the funnel, the focus is on easing any worries and convincing the customer to take the final step. Thus, if you are an online merchant, you need to make the checkout process as simplified as possible. For instance, if the goal is to get customers to fill out a form, make the form as short and simple as possible.

4. Loyalty

This step can also be called customer retention. This is where you invite customers to subscribe to your blog or site in order to receive the latest deals first. From time to time, ensure that you send customers helpful content that is beneficial to them. There are many ways to ensure loyalty. For instance, you can offer repeat customers an increasing number of discounts for their loyalty.

5. Advocacy

After the customers have made the purchase, that should not be the end of the conversion. You will now have an opportunity to use these people as advocates of your brand. Besides that, you can use them for repeat business, which means you will not have to spend as much money on future marketing campaigns to net customers.

In fact, the advocacy stage can be more valuable than the commitment stage of the sale. The customer you get through the funnel will already have cost you advertising dollars. However, if your customer becomes an advocate for you and helps you make more sales, which will be free advertising.

Customers can unknowingly become brand ambassadors. The key goal here is to make sure they sell you through social media to their friends. Besides that, you need to have a review section where they can post online reviews. If your products are good, the online reviews can do wonders for the legitimacy of your brand.

Perbedaan Jaringan Internet Dedicated Dan Up To

Aug 19, 2018   //   by admin   //   News Updates  //  No Comments

Pada dasarnya jaringan internet di Indonesia terbagi dalam 2 jenis jaringan. Dedicated dan Up To (share). Jaringan internet apa yang Anda gunakan di perusahaan? Dan jenis jaringan mana yang terbaik untuk perusahaan Anda?

Pada artikel kali ini, kami ingin sharing tentang perbedaan jaringan dedicated dan up to bandwidth. Jika Anda belum tahu ke dua jenis jaringan ini, alangkah baiknya jika Anda membaca terlebih dahulu perbedaan keduanya. Agar Anda tidak salah dalam memilih ISP untuk perusahaan Anda.

Koneksi internet cepat dan stabil adalah keinginan setiap perusahaan ketika mereka berlangganan internet provider. Namun terkadang, karena kurang memahami jenis internet untuk kantor, akhirnya tidak sedikit dari mereka yang salah memilih ISP untuk memenuhi kebutuhan perusahaanya.

Hal ini pasti akan berdampak buruk bagi perusahaan Anda. Apalagi jika Anda sudah terlanjur memasang internet untuk kantor Anda, dan ternyata jenis internet yang Anda gunakan ternyata tidak dapat memenuhi kebutuhan perusahaan Anda.

Seperti yang sudah kami jelaskan di awal, ada 2 jenis jaringan internet yang banyak di jual di Indonesia. Dedicated dan Up To (Shared) Bandwidth. Ke dua jenis jaringan ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Bagi Anda yang belum mengetahui perbedaan dari kedua jaringan internet tersebut, berikut penjelasan lengkapnya.

Up To Bandwidth (Shared)

Jaringan internet berjenis up to (shared) bandwidth adalah jenis jaringan yang biasa digunakan untuk internet rumahan. Karena internet yang di berikan oleh ISP tersebut di bagi sesuai dengan ketentuan yang telah diatur penyedia ISP tersebut.

Di Indonesia, jenis Up To ini berbading 1:4 ada juga yang 1:8, artinya koneksi internet yang di hantarkan ke rumah Anda akan di bagi dengan 4, 8 rumah atau bahkan lebih. Jadi misalkan Anda berlangganan internet up to 10 Mpbs. Anda tidak akan mendapatkan 10 Mbps tersebut, karena bandwidthnya nanti dibagi dengan jumlah rumah yang berlangganan internet yang sama dalam satu wilayah.

Kondisi seperti ini, biasanya akan berdampak pada kecepatan akses internet Anda. Makanya jangan heran, jika siang koneksi internet Anda lambat, tapi pas malam hari koneksi internetnya justru lebih cepat. Itu artinya, pada malam hari tidak ada user di perumahaan lain yang sedang menggunakan internet, jadi Anda mendapat bandwidth lebih banyak.

Jenis up to (shared) bandwidth memiliki harga paket bulanan yang sangat murah. Itulah mengapa banyak perusahaan yang memasang jaringan internet jenis ini dan akhirnya kecewa karena koneksi internetnya selalu lambat dan tidak stabil. Hingga membuat kegiatan operasional perusahaan terganggu.

Dedicate Bandwdith

Jaringan internet berjenis dedicated bandwidth berbeda dengan up to (shared). Jaringan ini lebih baik jika digunakan untuk kantor, mengapa? Karena koneksi internet atau bandwidth yang Anda dapatkan sesuai dengan paket berlangganan internet yang Anda ambil.

Misalnya, perusahaan Anda berlangganan jaringan internet dedicated 2 Mpbs. Bandwidth yang Anda dapatkan tetap sebesar 2 Mbps, tanpa di bagi oleh kantor-kantor yang ada di sekitaran kantor Anda.

Itulah kenapa dedicated jauh memiliki koneksi internet yang lebih cepat dan stabil. Karena bandwidth yang mereka dapatkan sama dengan paket yang diambil, dan bandwidth tersebut hanya di gunakan oleh perusahaan tersebut. Berbeda dengan upto, dedicated memiliki jaringan internet berbanding 1:1.

Ketidak tahuan perusahaan tentang jenis internet yang di jual di Indonesia. Akhirnya membuat banyak perusahaan menggunakan jaringan internet berjenis up to untuk perusahaannya.

Sebenarnya bukan salah dari penyedia internet providernya juga, jika terjadi hal seperti ini.

Dengan membaca artikel perbedaan jaringan internet dedicated dan upto bandwidth diatas, semoga perusahaan Anda tidak lagi salah dalam memilih ISP di Jawa Timur, atau di kota-kota lainnya.

Penyedia Jasa Layanan Internet (ISP) di Indonesia

Aug 19, 2018   //   by admin   //   News Updates  //  No Comments
Penyedia jasa Internet (disingkat PJI) (bahasa Inggris: Internet service provider disingkat ISP) adalah perusahaan atau badan yang menyediakan jasa sambungan Internet dan jasa lainnya yang berhubungan. Kebanyakan perusahaan telepon merupakan penyedia jasa Internet. Mereka menyediakan jasa seperti hubungan ke Internet, pendaftaran nama domain, dan hosting.

ISP ini mempunyai jaringan baik secara domestik maupun internasional sehingga pelanggan atau pengguna dari sambungan yang disediakan oleh ISP dapat terhubung ke jaringan Internet global. Jaringan di sini berupa media transmisi yang dapat mengalirkan data yang dapat berupa kabel (modem, sewa kabel, dan jalur lebar), radio, maupun VSAT.

Secara umum internet services provider atau ISP adalah mereka yang terlibat dalam penyelenggara jasa internet yang sering juga disingkat dengan istilah PJI. Perusahaan atau organisasi ini menyediakan jasa layanan koneksi akses internet baik untuk perorangan, perkantoran, kampus, sekolah, dan lain sebagainya.

Di Indonesia sendiri sejauh ini telah berdiri beberapa internet service provider, beberapa contoh ISP yang ada di Indonesia, antara lain adalah Telkom Speedy, SmartFren, Indosat dan lain sebagainya.


Fungsi Internet service Provider

Agar semakin jelas apa sebenarnya fungsi dari penyelenggara jasa internet atau Internet Service Provider, maka berikut ini dipublikasikan beberapa diantaranya kepada Anda:

  • Sebagai media yang memberikan jasa untuk berhubungan dengan internet.
  • Menghubungkan pelanggan ke gateway internet terdekat.
  • Menyediakan modem untuk dial-up.
  • Menghubungkan seorang user ke layanan informasi World Wide Web (www).
  • Memungkinkan seorang user menggunakan layanan surat elektronik (e-mail).
  • Memungkinkan seorang user melakukan percakapan suara via internet.
  • Memberi tempat untuk homepage.
  • ISP melakukan proteksi dari penyebaran virus dengan menerapkan sistem antivirus untuk pelanggannya.

Demikianlah informasi seputar pengertian internet service provider dan juga fungsi dari internet service provider yang secara umum sering juga disebut dengan istilah ISP ini. Semoga informasi ini kiranya bermanfaat bagi Anda yang sudah membacanya, khususnya dalam bidang menambah wawasan seputar pengertian ISP.

Lombok Kembali Di Guncang Gempa 7 SR , Warga Berlarian ke Jalan

Aug 19, 2018   //   by admin   //   Latest Blog, News Updates, Peristiwa  //  No Comments

Mataram – Gempa bumi dengan magnitudo 7,0 SR mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat pada Minggu 19 Agustus 2018 pukul 21.56 WIB.

Data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan, gempa berpusat di 30 kilometer timur laut Lombok Timur dengan kedalaman 10 kilometer.

Wartawan Liputan6.com yang saat ini berada di Lombok melaporkan, guncangan akibat gempa terasa sangat kuat di Mataram, Lombok Timur.

“Semua orang keluar ke jalan,” demikian dilaporkan wartawan Liputan6.com, Sunariyah.

“Aliran listrik padam. Sehari ini sudah ada empat gempa dirasakan,” tambah dia.

Saat ini suasana di Mataram gelap. Cahaya Bulan yang sebelumnya menerangi wilayah itu kini tertutup awan.

Sebelumnya, gempa susulan dengan kekuatan 6,5 SR mengguncang Lombok pada Minggu pagi pukul 11.06 WIB.

Gempa Minggu pagi menyebabkan korban jiwa dan kerusakan.

“Berdasarkan data sementara yang dapat dihimpun sampai pukul 21.00 WITA, satu orang meninggal dunia akibat kaget saat guncangan keras kemudian meninggal dunia,” demikian diungkap Sutopo Purwo Nugrogo, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB terkait gempa Lombok Minggu pagi.

Pengertian dan Perbedaan Domain dan Hosting Website

Aug 18, 2018   //   by admin   //   Latest Blog, News Updates  //  No Comments

Kata domain dan hosting pasti sudah sering Anda dengan bila Anda bergerak di bidang IT atau bahkan bidang bisnis lainnya yang membutuhkan media online untuk memperkenalkan brand dan produknya seperti blog, website, atau e-commerce. Namun, banyak yang masih belum memahami dengan jelas apa sih sebenarnya domain dan hosting itu ? Dan apa perbedaannya ?

Pada dasarnya domain dan hosting adalah 2 istilah jaringan yang sering ditemui terutama pada jaringan internet. Walaupun keduanya berbeda namun mereka saling memiliki keterkaitan dan tidak dapat dipisahkan.

Pertama-tama, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu domain. Domain adalah nama alamat yang melekat pada sebuah halaman situs. Jika website diibaratkan sebagai rumah, maka alamat domain digambarkan sebagai alamat rumah Anda. Alamat ini biasanya lebih sering digunakan dibandingkan sederet nomor pada alamat IP yang relatif lebih susah untuk diingat. Alamat seperti www.google.com, www.youtube.com, atau www.facebook.com inilah yang disebut dengan nama domain. Namun, nama domain ini memang kemudian akan diterjemahkan ke alamat IP dengan DNS (Domain Name Server) karena server hanya bisa membaca alamat IP.

Alamat domain ini juga bervariasi, ada beberapa yang gratis seperti .blogspot.com, .wordpress.com, dll. Namun, Untuk mendapatkan alamat pribadi dengan top level domain seperti .com, .id, .co.id, .net, .org dll, maka Anda harus membayar dan membelinya dari para penyedia layanan domain dan hosting untuk menggunakannya.

Yang perlu Anda perhatikan, satu alamat domain hanya dapat digunakan dan dimiliki oleh satu orang / instansi saja, sama halnya dengan 2 rumah tidak akan memiliki alamat yang sama. Apabila Anda ingin menggunakan nama domain yang telah terpakai, maka Anda harus menunggu hingga domain tersebut tidak lagi digunakan (expired) dan tidak diperpanjang kembali oleh pemiliknya.

Kedua, kita akan memahami apa yang dimaksud dengan hosting. Hosting adalah istilah yang digunakan untuk tempat penyimpanan data komputer yang dapat diakses dan digunakan dengan mudah melalui jaringan internet. Dalam konteks website, data yang disimpan pada hosting adalah data web seperti file-file html, script, css, gambar, video, database, dan file lain yang dibutuhkan untuk menampilkan halaman sebuah situs.

Jika kita menggunakan analogi web /blog sebagai rumah, hosting adalah tanah dimana rumah itu berdiri dan dibangun. Semakin luas space hosting, maka kita juga akan semakin leluasa dalam menata website kita dan mengisinya dengan banyak gambar, video, page dan komponen web lainnya.

Apabila Anda membutuhkan alamat domain dan hosting untuk website Anda, silahkan menghubungi ALIN NETWORK dengan WA ke 082132395329 atau Kunjungi web alinnetwork.com untuk produk unggulan lainnya.

Daftar Internet Wifi Tv Kabel Terbaik Tahun 2018

Aug 15, 2018   //   by admin   //   Info, News Updates  //  No Comments
Internet bukan lagi sekedar kebutuhan sekunder pada beberapa tahun belakangan ini. Tidak hanya di ruang publik dan untuk kepentingan pekerjaan, internet juga dibutuhkan di rumah. Bahkan banyak kebutuhan personal yang dilakukan melalui internet. Misalnya memesan jasa laundry, cleaning service untuk rumah, pijat, hingga tata rias. Dengan merambahnya kebutuhan internet untuk semua segi kehidupan ini, maka penyedia internet rumah pun banyak dicari.
Di Indonesia terdapat banyak provider internet Jawa Timur baik itu nirkabel (wifi) atau yang menggunakan kabel. Tentunya layanan ini tersedia untuk bisnis maupun rumah. Beberapa malah menjadi referensi utama bagi siapapun yang ingin memasang jaringan wifi di rumah. Para penyedia internet ini juga hadir dengan beragam program paket atau plan. Sebagian program paket internet ini juga sudah disatukan dengan layanan TV kabel.
Khusus bagi Anda yang berniat menggunakan memasang internet di rumah, maka berikut kami jabarkan penyedia internet terbesar yang bisa menjadi referensi Anda. Selain itu, adapula tips tentang apa saja yang harus dipertimbangkan dalam memilih layanan internet.
Daftar provider internet terbesar di Indonesia  untuk rumah
Daftar penyedia internet atau Internet Service Provider (ISP) rumah di bawah ini merupakan rekomendasi yang bisa Anda jadikan pertimbangan sesuai dengan kebutuhan.
1.  MNC Play
Salah satu penyedia internet indonesia dengan kecepatan tertinggi di Indonesia. MNC Play menggunakan teknologi Fiber To The Home (FTTH), MNC Play menyediakan jaringan kabel fiber optik 100% di seluruh jalur sampai ke rumah Anda. Tidak seperti media penghantar lainnya yang menggunakan kabel tembaga, dengan teknologi FTTH internet provider MNC Play siap menyediakan jaringan berkapasitas hingga 2.5 Gbps. MNC Play menawarkan paket internet dengan kecepatan mulai dari 10 Mbps hingga 1 Gbps.
2. First Media
Media online mana yang tidak menjadikan First Media sebagai bahan pertimbangan? Dengan koneksi internet yang handal dan layanan TV kabel yang terkemuka di pasarannya, First Media sangat cocok untuk Anda yang menyukai hiburan dari TV kabel. Anda dapat menikmati 160+ channel lokal dan internasional dengan kualitas High Definition (HD) 4K, kualitas suara Dolby Digital 5.1, aspek rasio 16:9, resolusi 1080i dan 2 juta pixels sehingga 5x lebih jernih. First Media menyediakan layanan TV kabel di semua pilihan paket internet yang Anda pilih dengan harga terjangkau.
3. MyRepublic
ISP MyRepublic salah satu pemain yang kompetitif dalam hal harga dan kecepatan internet. Mereka memiliki paket dari harga Rp 279.000 sampai Rp 999.000 dengan kecepatan mencapai 300 Mbps. Walau saat ini MyRepublic belum memiliki jangkauan daerah yang luas, tetapi di kota-kota besar di Indonesia telah tersedia layanan MyRepublic. MyRepublic juga merupakan satu-satunya penyedia internet yang memberikan paket khusus untuk gamer. Dengan paket itu Online Gaming dijamin lebih nyaman dan tanpa gangguan.
4. Biznet Home
Terkenal dengan cakupan area yang luas, Biznet Home menyediakan layanan internet dengan kabel fiber optik untuk lebih dari 100 kota di Indonesia. Jumlah kota ini masih berkembang hingga saat ini. Biznet menyediakan paket combo internet dan TV kabel atau paket internet rumah saja. Walau layanan internetnya tidak secepat layanan dari ISP lainnya, Biznet Home menawarkan kecepatan upload dan download yang sama. Sehingga jika Anda memilih kecepatan download 50 Mbps, Anda juga dapat menikmati kecepatan upload 50 Mbps.
5. IndiHome Fiber
Dulunya dikenal sebagai Speedy Internet, IndiHome Fiber dari PT Telkomsel Indonesia, Tbk terkenal dengan jangkauan yang sangat luas. Dimana pun Anda berada di Indonesia, layanan IndiHome Fiber siap melayani Anda. Tentu saja ini karena Telkomsel merupakan perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia. Anda dapat memilih paket dari IndiHome yang beragam dari segi kecepatan internet, jumlah layanan dan harga. Anda bebas memilih antara kecepatan dari 10 Mbps hingga 100 Mbps dan tambahan layanan TV kabel ataupun telepon rumah.

VIWOZ Airdrop is Live Join Now to Earn 10$ worth of WOZ Tokens

Aug 14, 2018   //   by admin   //   Bisnis, News Updates  //  No Comments

VIWOZ Airdrop

Viwoz seeks to change the internet landscape by providing common users the ability to earn from their own online Video activities the same way creators and websites earn from them.

It is a decentralized Video-sharing platform which allows users to watch and share a variety of Videos — and earn rewards! Whether you are a content creator or a content reader, you will be rewarded for interacting with the website.You can earn by watching videos , commenting on the videos , posting videos , in-short you will earn for each activity on the platform.Here at viwoz we believe every internet user on the planet should have Earn.

That is why we are offering 50$ Worth of WOZ Tokens to early members Join us today and get your 100 WOZ Tokens.

You need to follow these Steps to earn 100 WOZ Tokens

  1. Join Telegram channel and Follow on Twitter
  2. Like on Facebook
  3. Create a Account and get 100 WOZ (10$) Tokens and start earning for posting videos
  4. You can earn 20 WOZ for each friend you refer using your unique referral Link

Join Now