Press Release

Pengertian dan Perbedaan Domain dan Hosting Website

Aug 18, 2018   //   by admin   //   Latest Blog, News Updates  //  No Comments

Kata domain dan hosting pasti sudah sering Anda dengan bila Anda bergerak di bidang IT atau bahkan bidang bisnis lainnya yang membutuhkan media online untuk memperkenalkan brand dan produknya seperti blog, website, atau e-commerce. Namun, banyak yang masih belum memahami dengan jelas apa sih sebenarnya domain dan hosting itu ? Dan apa perbedaannya ?

Pada dasarnya domain dan hosting adalah 2 istilah jaringan yang sering ditemui terutama pada jaringan internet. Walaupun keduanya berbeda namun mereka saling memiliki keterkaitan dan tidak dapat dipisahkan.

Pertama-tama, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu domain. Domain adalah nama alamat yang melekat pada sebuah halaman situs. Jika website diibaratkan sebagai rumah, maka alamat domain digambarkan sebagai alamat rumah Anda. Alamat ini biasanya lebih sering digunakan dibandingkan sederet nomor pada alamat IP yang relatif lebih susah untuk diingat. Alamat seperti www.google.com, www.youtube.com, atau www.facebook.com inilah yang disebut dengan nama domain. Namun, nama domain ini memang kemudian akan diterjemahkan ke alamat IP dengan DNS (Domain Name Server) karena server hanya bisa membaca alamat IP.

Alamat domain ini juga bervariasi, ada beberapa yang gratis seperti .blogspot.com, .wordpress.com, dll. Namun, Untuk mendapatkan alamat pribadi dengan top level domain seperti .com, .id, .co.id, .net, .org dll, maka Anda harus membayar dan membelinya dari para penyedia layanan domain dan hosting untuk menggunakannya.

Yang perlu Anda perhatikan, satu alamat domain hanya dapat digunakan dan dimiliki oleh satu orang / instansi saja, sama halnya dengan 2 rumah tidak akan memiliki alamat yang sama. Apabila Anda ingin menggunakan nama domain yang telah terpakai, maka Anda harus menunggu hingga domain tersebut tidak lagi digunakan (expired) dan tidak diperpanjang kembali oleh pemiliknya.

Kedua, kita akan memahami apa yang dimaksud dengan hosting. Hosting adalah istilah yang digunakan untuk tempat penyimpanan data komputer yang dapat diakses dan digunakan dengan mudah melalui jaringan internet. Dalam konteks website, data yang disimpan pada hosting adalah data web seperti file-file html, script, css, gambar, video, database, dan file lain yang dibutuhkan untuk menampilkan halaman sebuah situs.

Jika kita menggunakan analogi web /blog sebagai rumah, hosting adalah tanah dimana rumah itu berdiri dan dibangun. Semakin luas space hosting, maka kita juga akan semakin leluasa dalam menata website kita dan mengisinya dengan banyak gambar, video, page dan komponen web lainnya.

Apabila Anda membutuhkan alamat domain dan hosting untuk website Anda, silahkan menghubungi ALIN NETWORK dengan WA ke 082132395329 atau Kunjungi web alinnetwork.com untuk produk unggulan lainnya.

Leave a comment