Internet 5G Telkomsel-Huawei Diuji Coba di Indonesia

Browsing articles in " Tekno "

Internet 5G Telkomsel-Huawei Diuji Coba di Indonesia

Aug 11, 2018   //   by admin   //   News Updates, Tekno  //  No Comments

Teknologi komunikasi seluler 5G tidak lama lagi akan dinikmati masyarakat Indonesia. Persiapan ke arah penerapan teknologi ini sedang diujicobakan oleh Telkomsel dan Huawei.

Teknologi yang sedang dinanti banyakorang ini adalah 3rd Generation Partnership Project (3GPP) Massive Internet of Things (IoT) dan teknologi Frequency Division Duplexing (FDD) Massive Multiple-Input and Multiple-Output (MIMO).

Uji coba ini merupakan salah satu upaya Telkomsel untuk mengakselerasi terbentuknya ekosistem IoT, sekaligus menandai dimulainya persiapan penerapan teknologi 5G di Indonesia.

Uji coba ini merupakan salah satu upaya Telkomsel untuk mengakselerasi terbentuknya ekosistem IoT, sekaligus menandai dimulainya persiapan penerapan teknologi 5G di Indonesia.

Teknologi 5G didesain untuk melayani tiga karakteristik ekstrem layanan seluler, yaitu Enhanced Mobile Broadband (eMBB), Massive Machine Type Communications (mMTC), dan Ultra-reliable and Low Latency Communications (uRLLC).

Uji coba Massive IoT kali ini menggunakan teknologi radio akses Narrowband IoT (NB-IoT) yang sepenuhnya memenuhi standar 3GPP dan dilakukan pada frekuensi 900 MHz dengan metode stand alone, sehingga jangkauannya lebih dalam atau lebih luas.

Teknologi radio akses NB-IoT merupakan salah satu jenis teknologi jaringan Low Power Wide Area (LPWA), memungkinkan perangkat beroperasi hingga 10 tahun tanpa pengisian daya ulang baterai sehingga sangat menghemat biaya.

Teknologi ini juga mampu menghasilkan kapasitas koneksi yang masif untuk solusi dan aplikasi berbasis IoT mMTC yang beragam, antara lain Smart Water Meter, Smart Parking, Bike Sharing, Smart Electricity Meter, Smart Agriculture, dan Fleet Management.

Sementara itu, FDD Massive MIMO merupakan teknologi antena yang telah dirancang untuk menghasilkan kapasitas sistem yang lima kali lebih besar dibandingkan teknologi Long Term Evolution (LTE) 2×2 MIMO pada umumnya. Teknologi ini merupakan salah satu kunci dalam implementasi teknologi 5G untuk meningkatkan kapasitas dan pengalaman pengguna dalam layanan eMBB.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Internet 5G Telkomsel-Huawei Diuji Coba di Indonesia”, https://tekno.kompas.com/read/2017/04/06/18050007/internet.5g.telkomsel-huawei.diuji.coba.di.indonesia

 

3 Smartphone Terbaik 2018

Aug 7, 2018   //   by admin   //   News, Tekno  //  No Comments

Alinnetwork.com- Saat ini, banyak pabrikan ponsel pintar (smartphone) yang memproduksi handset berdimensi lebih besar. Langkah tersebut seiring kebutuhan pasar terhadap ponsel yang mudah dioperasikan, serta dapat menampung banyak fitur canggih.

Namun, seiring dengan kebutuhan mobilitas tinggi, tidak sedikit orang lebih memilih smartphone kompak. Alasannya, ponsel berdimensi mungil ini lebih praktis dan dapat dioperasikan hanya dengan satu tangan.

Bagi Anda yang mencari smartphone berikut tiga smartphone kecil terbaik 2018:

1. iPhone SE

Bagi penggemar Apple, pilihan yang tepat untuk handset kompak adalah iPhone SE. Ponsel ini memiliki layar hanya 4 inci dari ujung ke ujung, sehingga semua orang dapat menggunakan satu tangan.

Meski desain perangkat tersebut terlihat sedikit kuno, tetapi iPhone SE dapat meng-update iOS 12 pada akhir tahun ini, sehingga Anda mendapatkan semua peningkatan notifikasi, fitur digital, serta akses ke jutaan aplikasi di Apple Store.

Namun, performa smartphone ini tidak akan cocok dengan iPhone terbaru, dan hanya ada kamera lensa tunggal. Tapi iPhone SE sangat sempurna untuk kalangan yang sadar anggaran maupun bertangan kecil.

SPESIFIKASI:

Berat: 113g
Dimensi: 123,8 x 58,6 x 7,6 mm
OS: iOS 11
Ukuran layar: 4 inci
Resolusi: 640 x 1136 piksel
CPU: Apple A9
RAM: 2GB
Penyimpanan: 16/32/64 / 128GB
Baterai: 1624 mAh
Kamera belakang: 12MP
Kamera depan: 1.2MP

2. Sony Xperia XZ2 Compact

Mungkin Sony tidak menjual handset sebanyak Apple atau Samsung, tetapi Sony Ericsson membuat salah satu ponsel kecil terbaiknya Xperia XZ2 Compact. Ponsel ini memiliki ukuran layar hanya 5 inci secara diagonal.

Harus diakui desainnya bukan yang paling inovatif atau langsing yang akan Anda temui tahun ini, tetapi pas di saku Anda. Ini adalah Sony, Anda tahu kamera belakang 19-megapiksel akan melayani Anda dengan baik, dan telepon dilengkapi dengan beberapa fitur tambahan seperti rating IP68 untuk perlindungan terhadap air dan debu. Di samping itu, Anda mendapatkan pilihan handset dalam empat warna.

SPESIFIKASI:

Berat: 168g
Dimensi: 135 x 65 x 12.1mm
OS: Android 8.0 Oreo
Ukuran layar: 5 inci
Resolusi: 1080 x 2160 piksel
CPU: Kryo 385 Silver
RAM: 4GB
Penyimpanan: 64 GB
Baterai: 2870mAh
Kamera belakang: 19MP
Kamera depan: 5 MP

3. Nokia 5.1

Di bawah HMD Global, Nokia kembali membuat nama untuk dirinya sendiri di pasar ponsel pintar, kali ini dengan serangkaian handset yang kuat, namun sederhana. Termasuk dalam kelahirannya kembali yang lambat Nokia 5.1, yang dengan ukuran layar 5,5 inci hanya memenuhi syarat untuk roundup khusus ini.

Ponsel ini bukan handset tercepat atau yang paling tampan, tetapi memiliki nilai besar mudah digunakan hanya dengan satu tangan Anda. Di samping itu, Nokia 5.1 memiliki ruang penyimpanan 16 GB hingga 32 GB.

SPESIFIKASI:

Berat: TBC
Dimensi: 151,1 x 70,7 x 8.2mm
OS: Android 8.0 Oreo
Ukuran layar: 5,5 inci
Resolusi: 1080 x 2160 piksel
CPU: Cortex A53
RAM: 2 / 3GB
Penyimpanan: 16 / 32GB
Baterai: 2970mAh
Kamera belakang: 16MP
Kamera depan: 8MP.